• Sabtu, 1 Oktober 2022

Di India Kasus Bunuh Diri di Kalangan Buruh Melonjak

- Jumat, 23 September 2022 | 05:57 WIB
Banyak pria India bergantung pada ekonomi informal. (Bonsernews.com/dw.com/id - Pradeep Gaur/Zumapress/picture alliance)
Banyak pria India bergantung pada ekonomi informal. (Bonsernews.com/dw.com/id - Pradeep Gaur/Zumapress/picture alliance)

BONSERNEWS.com - Dampak dari pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir dan tidak adanya jaring jaminan sosial di India, menyebabkan meningkatnya kasus bunuh diri di kalangan pekerja dengan upah harian. Murali Krishnan (New Delhi) melaporkannya untuk DW.

India mengalami peningkatan kasus bunuh diri di kalangan pekerja dengan upah harian. Ini menurut laporan terbaru oleh Biro Catatan Kejahatan Nasional.

Laporan yang dirilis pada Agustus 2022 lalu mengungkapkan bahwa pekerja dengan upah harian paling banyak di antara mereka yang meninggal karena bunuh diri di India.

Baca Juga: Impian India untuk Asingkan Minoritas Agama

Dari 164.033 kasus bunuh diri yang dilaporkan pada tahun 2021, lebih dari 42.000 kasus bunuh diri atau satu dari empat di antaranya merupakan pekerja upah gaji harian.

"Jumlah dan upaya bunuh diri telah meningkat secara signifikan. Data mencerminkan tren ini, tetapi jumlahnya kemungkinan akan lebih banyak lagi," kata psikiater yang berbasis di Delhi, Achal Bhagat kepada DW. "Kemiskinan berkontribusi pada masalah kesehatan mental dalam berbagai cara."

Para profesional kesehatan mental mengaitkan lonjakan kasus bunuh diri dengan berbagai faktor-faktor termasuk pengangguran, kemiskinan, utang, dan ketidakmampuan untuk mengatasi pemotongan upah.

Bhagat, yang telah mempelajari masalah ini dengan cermat, mengatakan banyak pekerja dengan upah harian tidak yakin apakah mereka akan mampu menghidupi diri sendiri, dan memiliki perasaan bersalah karena tidak menjalankan peran sebagai pemuda dalam masyarakat patriarki.

Menurut psikiater, kondisi ini diperparah dengan faktor-faktor seperti penyalahgunaan zat dan gangguan psikologis, semuanya berkontribusi menyebabkan meningkatnya angka bunuh diri di kalangan pekerja dengan upah harian.

Halaman:

Editor: Syaiful W Harahap

Tags

Terkini

AS Jatuhkan Sanksi Kepada Pedagang Minyak Iran

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 05:44 WIB
X