• Sabtu, 2 Juli 2022

Amerika Memperluas Kapasitas Lakukan Tes Cacar Monyet

- Jumat, 24 Juni 2022 | 03:59 WIB
Ilustrasi: Tabung reaksi berlabel "Virus Monkeypox positif dan negatif", 23 Mei 2022.  (Bonsernews.com/voaindonesia.com/REUTERS/Dado Ruvic)
Ilustrasi: Tabung reaksi berlabel "Virus Monkeypox positif dan negatif", 23 Mei 2022. (Bonsernews.com/voaindonesia.com/REUTERS/Dado Ruvic)

BONSERNEWS.com - Amerika Serikat (AS) memperluas kapasitas untuk melakukan tes cacar monyet (monkeypox) dengan mengirimkan test kit ke lima laboratorium komersial.

Departemen Kesehatan AS, 23 Juni 2022, mengatakan bahwa upaya itu “Secara dramatis akan memperluas kapasitas pengujian di berbagai penjuru negara dan membuat tes lebih nyaman dan lebih mudah diakses bagi para pasien dan penyedia layanan kesehatan.”

Para penyedia layanan kesehatan akan dapat mulai menggunakan laboratorium tersebut untuk melakukan tes cacar monyet pada awal Juli, kata Departemen Kesehatan.

Petugas kesehatan menyaring penumpang yang datang dari luar negeri terkait dengan mewabahnya penyakit cacar monyet di terminal Bandara Internasional Anna di Chennai, India, 3 Juni 2022. (Bonsernews.com/voaindonesia.com/AFP)

Hingga hari Selasa, 21 Juni 2022, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC - Centers for Disease Control and Prevention) mengatakan ada 142 laporan infeksi cacar monyet di AS yang tersebar di 24 negara bagian dan Washington DC. Kasus pertama dilaporkan ke CDC pada 17 Mei.

Menurut Departemen Kesehatan, CDC telah mulai mengirim tes cacar monyet itu ke lima perusahaan: Aegis Science, Labcorp, Mayo Clinic Laboratories, Quest Diagnostics dan Sonic Healthcare.

Lebih dari 30 negara di mana cacar monyet tidak menjadi endemi telah melaporkan adanya kasus di negara tersebut. (uh/ka)/voaindonesia.com. []

Editor: Syaiful W Harahap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Mengundurkan Diri dari Pulau Ular Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:23 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Moskow

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:08 WIB

Sri Lanka Kekurangan Pasokan BBM

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:26 WIB
X