• Selasa, 6 Desember 2022

Hari Guru Nasional: Mengenal Adab Siswa kepada Guru, Begini dalam Kitab Taklimul Mutaallim

- Kamis, 24 November 2022 | 20:45 WIB
Hari Guru Nasional momentum untuk melihat adab siswa kepada guru berdasarkan kitab Taklimul Mutaallim (Bonsernews.com/pixabay)
Hari Guru Nasional momentum untuk melihat adab siswa kepada guru berdasarkan kitab Taklimul Mutaallim (Bonsernews.com/pixabay)

BONSERNEWS.com - Hari Guru Nasional merupakan hari istemewa bagi kalangan pendidikan khususnya para guru dan siswa. Ini momentum untuk mengenal adab siswa kepada guru menurut kitab Taklimul Mutaallim.

Mengenal adab siswa merupakan salah satu tugas guru untuk menjadikan siswa beradab. Pada peringatan Hari Guru Nasional, mencoba melihat bagaimana adab siswa menurut kitab Taklimul Mutaallim.

Kitab Taklimul Mutaallim adalah kitab yang secara khusus membahas tentang guru dan murid, salah satunya tentang bagaimana adab siswa kepada guru. Pada Hari Guru Nasional ini mencoba untuk mengupas adab siswa kepada guru.

Baca Juga: Hari Guru Nasional: Bagaimana Cara Mengabdi untuk Sang Guru, Berikut Cara Sayyidina Ali Mengabdi kepada Guru

Belakangan ini, sering terjadi perilaku yang menyimpang yang dilakukan oleh sekelompok siswa baik kepada sang guru maupun kepada yang lain yang melucuti adab siswa baik kepada guru maupun orang lain.

Hal itu sebuah tragedi yang layak direnungkan pada peringatan Hari Guru Nasioanal. Oleh karena itu, pada Hari Guru Nasional besok tanggal 25 November sejenak kita kembali pada kitab Taklimul Mutaallim.

Kitab Taklimul Mutaallim merupakan kitab kuno yang sering kali dianggap kuno padahal kontribusinya mengenalkan tentang adab siswa kepada guru memberikan kebanggaan tersendiri.

Nah, pada peringatan Hari Guru Nasional, mari kita melihat isi kitab Taklimul Mutaallim tetang bagaimana adab siswa kepada guru.

              ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده،

Halaman:

Editor: Safi'i

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X