• Sabtu, 1 Oktober 2022

Surah Al Fatihah Ayat 1 - 7 yang Selalu Dibaca Muslim Saat Salat, Bahasa Arab, Latin, Terjemahan dan Tafsir

- Rabu, 1 Juni 2022 | 02:30 WIB
Surah Al Fatihah Ayat 1 - 7 yang Selalu Dibaca Muslim Saat Salat, Bahasa Arab, Latin, Terjemahan dan Tafsir ((Foto: Bonsernews.com/Bincang Syariah))
Surah Al Fatihah Ayat 1 - 7 yang Selalu Dibaca Muslim Saat Salat, Bahasa Arab, Latin, Terjemahan dan Tafsir ((Foto: Bonsernews.com/Bincang Syariah))

 

BONSERNEWS.com - Surah Al Fatihah adalah surah pembuka dalam Alquran, kitab suci umat Islam. Muslim sudah pasti sangat akrab dengan surah ini, karena selalu melafalkannya ketika sedang menjalankan salat. Salat lima waktu maupun salat sunah.

Surah Al Fatihah (Pembukaan) diturunkan di Mekah. Terdiri dari 7 ayat. Surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Alquran. Termasuk golongan surah Makkiyyah karena diturunkan ketika Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, berada di Mekah.

Surah ini disebut Al Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Alquran. Dinamakan Ummul Quran (induk Alquran) atau Ummul Kitaab (induk Al Kitaab) karena dia merupakan induk dari semua isi Alquran, dan karena itu diwajibkan membacanya pada tiap-tiap salat. Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang) karena ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam salat.

 

Ayat 1

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

Halaman:

Editor: Siti Afifiyah

Sumber: Kementerian Agama

Tags

Terkini

Hukum Memakan Daging Ular Piton Dalam Islam

Rabu, 28 September 2022 | 11:10 WIB

Ada Beberapa Negara Yang Melarang Pernikahan Beda Agama!

Senin, 19 September 2022 | 22:25 WIB
X